Posted by : Unknown

Contoh group ware tempat yang sama(colocated) dan waktu yang sama (synchronous) 




 1. Audience response units:



Pemakai dapat menjawab soal dengan menggunakan piranti khusus pada meja mereka. Soal, jawaban, dan ikhtisar hasilnya ditampilkan pada shared display.



2. Ruang meeting (Meeting Room):


Suatu ruang pertemuan yang dirancang menggunakan peralatan komputer untuk pertemuan tatap mata. Rancangan ruang ini dapat berbentuk U atau C yang diatur mengelilingi layar monitor dan masing-masing peserta mempunyai masing-masing monitor. Sistem ini mendukung beberapa bentuk pekerjaan seperti penggunaan terminal secara pribadi dan sub group pada kegiatan teleconferencing atau email. 



3. Shared work surfaces:


Merupakan suatu sistem yang menggunakan efek whiteboard, yakni suatu sistem yang mengatur para peserta menulis dengan tangan secara langsung ke layar besar. Tulisan ini akan dibuat film dengan kamera atau di capture secara digital dengan menggunakan layar yang sensitive. Tampilan tulisan satu peserta akan ditampilkan ke peserta yang lain. Variasi yang lain dari shared work surface ini adalah dengan membuat peserta menulis pada suatu kertas pada masing-masing desktop dan dibuat filmnya dari arah atas. Gambar dari masing-masing peserta akan digabungkan dan ditampilkan pada masing-masing layar di area kerja peserta.



4. Pc projectors:

Proyektor digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok. Proyektor biasanya digunakan untuk menampilkan gambar pada presentasi atau perkuliahan. Untuk menampilkan gambar, proyektor mengirim cahaya dari lampu halide logam yang diteruskan ke dalam prisma yang mana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau dan biru pada sinyal video. Proyektor berisi panel cermin yang terpisah satu sama lain. Masing-masing panel terdiri dari dua pelat cermin yang di antara keduanya terdapat liquid crystal. Ketika terdapat perintah atau instruksi, kristal akan membuka untuk membolehkan cahaya lewat atau menutup untuk mem-block cahaya tersebut Membuka dan menutupnya pixel ini yang bisa membentuk gambar.



5. Shared display from lecturer workstation:


Dosen menggunakan computer dengan proyektor untuk memberikan presentasi kuliah. Semua orang melihat gambar yang sama, dan hanya dosen yang mengendalikan computer.


6. Shared Application and Artefacts:


Beberapa system ini mempunyai kesamaan dalam teknologi seperti pada shared work surface tetapi system lebih difokuskan pada pekerjaan.



7. Shared PCs & Windows:


Sistem ini difokuskan pada pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama. Ide sistem ini adalah membuat beberapa komputer seolah-olah menjadi satu kesatuan. Apapun yang ditulis akan terlihat pada setiap terminal. Hal ini mirip pada meeting room tetapi tidak terdapat layer besar.



8. Frameworks for Groupware:


Terdapat beberapa frameworks untuk dapat memahami aturan dari groupware. Satu diantaranya digunakan sebagai mekanisme yang dapat digunakan untuk membantu dalam diskusi tentang groupware. Sebagai tambahan terdapat beberapa aplikasi tambahan untuk membantu merancang struktur dari system yang baru.



9. Microsoft PowerPoint:


Microsoft PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka. Cara penggunaannya: pada lembar kerja / slide pertama masukkan judul presentasi, Kemudian klik new slide pada toolbar, lalu masukkan isi dari presentasi, lalu dapat memberikan tampilan pada slide presentasi anda dengan memilih pada menu-menu yang terdapat pada aplikasi power point, lalu save lembar kerja powerpoint anda.


10. Text-submission workstations:


Peserta menggunakan keyboard dan software sederhana, digunakan untuk percakapan atau diskusi pada electronic classroom atau meeting room.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Translate

Labels

- Copyright © My Blog -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -